Secara sederhana, pemulihan
layanan adalah membuat pelanggan Anda kembali tersenyum setelah Anda
menciptakan kekacauan. Permasalahan atau keluhan pelanggan Anda terselesaikan
dan ia keluar kantor Anda sambil merasa telah berhasil melakukan sebuah
transaksi yang memuaskan dengan perusahaan terhebat didunia.
Sayangnya, hanya sedikit pemimpin
atau manajer perusahaan yang memahami pemulihan layanan. Dan kalau mereka saja
tidak mengetahuinya, apalagi pegawai mereka. Pemulihan layanan penting bagi
keberhasilan perusahaan manapun sehingga dari CEO sampai penerima tamu wajib
memahami dan mempratikkannya. Jika tidak, pelanggan tidak hanya akan lari,
tetapi juga akan membawa pergi calon pelanggan lain yang mendengar berita
ketidak puasaan atas perusahaan Anda.
Pemulihan layanan lebih berguna dan bermakna daripada sekadar ucapan maaf.
Pemulihan layanan adalah alat untuk membina kesetiaan pelanggan, yang akan
membawa kembali pelanggan yang hendak beralih.
Pemulihan layanan adalah langkah yang harus dilakukan untuk memperbaiki
suatu kesalahan. Anda harus meminta maaf, bertanggung jawab atas kesalahan atau
ketidak nyamanan, dan memberikan sesuatu yang bernilai kepada pelanggan anda
sebagai pengganti. Langkah-langkah itu akan menciptakan lingkungan yang membuat
pelanggan merasa puas sehingga ia akan bercerita kepada lima atau sepuluh orang
lainnya tentang apa yang Anda lakukan untuknya.
Meminta maaf memang baik. Akan tetapi, maaf saja tidak cukup kuat. Uang
sebesar Rp 50,000 atau hadiah kecil kepada pelanggan juga tidak akan berdampak
nyata atau mampu mencegah pelanggan lari. Apapun yang Anda berikan kepada
pelanggan harus mempunyai nilai dimatanya. Hal itu harus sangat kuat sehingga
pelanggan tidak hanya akan terus melakukan transaksi dengan Anda., tetapi juga
akan bercerita kepada siapapun yang ia kenal tentang bagusnya layanan yang anda
berikan kepadanya.
Selain tidak memakan banyak biaya, kompensasi yang Anda berikan adalah
promosi dari mulut ke mulut yang bernilai jutaan rupiah. Misalnya ketika
bermain ski dengan seorang temen di Nakashima, kereta gantung yang kami
tumpangi macet. Dalam satu jam berikutnya, beberapa anggota pengawas ski tiga
kali datang untuk memberitahukan situasi terakhir kepada kami. Pada terakhir
kali, mereka memberitahu kami bahwa ada hadiah kecil menanti dipuncak.
Sesampainya disana, kami disambut oleh tiga orang staff yang memohon maaf atas
semua ketidaknyaman yang kami alami. Mereka juga memberi kami dua tiket untuk
naik kereta gantung dan tiket minuman gratis.
Sepanjang hari, bahkan sampai keesokan harinya, kami menceritakan apa yang
terjadi dan apa yang kami peroleh kepada semua orang yang kebetulan naik kereta
gantung bersama kami. Kami merasakan sangat senang dan menyebarkan cerita
tentang betapa baiknya perlakuan yang mereka terima ini kepada siapapun yang
mereka temui. Inilah kekuatan promosi dari mulut kemulut.
Setiap perusahan mempunyai sesuatu yang bernilai untuk diberikan kepada
pelaggan yang mengalami masalah. Apa yang kita hasilkan, jual atau berikan
sebagai layanan, yang tidak mahal bagi kita tetapi bernilai dimata pelanggan,
yang akan membuat mereka tersenyum bahagia.
Supaya berhasil, pemulihan layanan harus diterapkan oleh orang-orang garis
depan perusahaan Anda, yang lebih banyak berhubungan langsung dengan pelanggan
dibandingkan karyawan lain. Karyawan itu harus memperoleh pelatihan tentang
seni melayani pelanggan, serta diberi wewenang untuk mengambil keputusan yang
akan membuat pelanggan puas serta setia. Mereka tidak perlu menunggu
persetujuan dari pengambil kepurtusan (penyelia) atau manager untuk
melakukannya.
Kebijakan dan prosedur yang mendukung dan membantu pemulihan layanan harus
dibuat. Selama pelatihan
pemulihan layanan, role play sangat membantu karyawan Anda. Mintalah mereka mempratikkan
cara meminta maaf dan menciptakan nilai lebih dengan memberi pelanggan hadiah
kecil, sebaiknya dalam bentuk produk atau layanan. Mengeluarkan sedikit uang
untuk mempertahankan seorang pelanggan lama jauh lebih murah dibandingkan
promosi dan pemasaran untuk merangkul sejumlah pelanggan baru. Pemulihan
layanan adalah lem yang merekatkan pelanggan dan bisinis Anda.
Umumnya, Karyawan akan berbohong untuk menutupi kesalahan mereka. Hanya
sedikit yang merasa nyaman untuk bertanggung jawab atas masalah yang mereka
atau perusahaan mereka timbulkan. Di sinilah pentingnya karyawan memperoleh
pelatihan tentang pemulihan layanan dan diberi wewenang untuk memberikan
kompensasi kepada pelanggan. Mereka juga perlu mempunyai rasa percaya diri dan
harga diri yang cukup untuk menerima tanggung jawab atas masalah itu,
termasuk mungkin risiko dimarahi pelanggan, dari meminta maaf secara tulus
serta memberikan sesuatu kepada pelanggan itu untuk meredakan kemarahan mereka.
Jika salah satu tujuan Anda mengurangi banyaknya keluhan yang ditujukan
pada perusahaan Anda, pemulihan layanan adalah senjata paling ampuh untuk
mewujudkannya. Rencana pemulihan layanan yang effektif tidak hanya akan
mengurangi keluhan, tetapi juga akan menghasilkan tanggapan positif dari pelanggan.
Keberhasilan karyawan garis depan mempraktikan pemulihan layan akan
meminimalkan biaya untuk menangani permasalahan pelanggan. Semakin besar
permasalahan, semakin tinggi biaya yang ditimbulkan.
Masalahnya, biasanya hanya segelintir pelanggan yang menyampaikan keluhan
saat memiliki masalah dengan perusahaan Anda. Sebagian besar lebih memilih
lari. Kerugian yang Anda tanggung per pelanggan yang kabur berkisar antara Rp
1,000,000 sampai Rp 50,000,000, berdasarkan nilai pelanggan itu. Karyawan garis
depan yang menguasasi pemulihan layanan akan memberikan dampak dan nilai yang
lebih tinggi dibandingkan jika pimpinan perusahaan langsung yang menangani
permasalahan. Perusahaan tidak menanggung biaya terlalu besar dan efeknya lebih
kuat serta langsung dirasakan oleh pelanggan
Pemulihan layanan akan membawa Anda dan perusahaan Anda selangkah lebih
maju dibandingkan para pesaing. Tindakan ini mencegah pelaggan lari, Sekaligus
meningkatkan penjualan dan memperbesar keuntungan Anda. Karyawan juga tidak
akan berpaling. Jika mereka diberi pelatihan tentang layanan pelanggan dan
diberi wewenang untuk mengambil keputusan guna memuaskan pelanggan. Mereka akan
lebih bahagia dengan pekerjaan mereka.
Dengan pemulihan layanan, pelanggan dan karyawan Anda tidak akan pernah
berpikir untuk berpaling dari Anda
0 Response to "Apakah Pemulihan Layanan itu ???? - Pemuda Panca Marga, Jakarta Pusat"
Posting Komentar