Bagaimana Perasaaan Anda??? Kalau janji
dengan kekasih, kolega, temen Anda. Mereka tidak menepati janji dengan
molor beberapa saat dari waktu yang dijanjikan. Pada saat menunggu Anda akan
timbul perasaan dan pikiran negatif, sebel, dongkol, marah, merasa
dikerjain atau dilecehkan, was-was dan sebagainya.
Sekarang sebaliknya, Apa yang akan Anda
terima jika tidak dapat menyelesaikan pekerjaan yang diberikan tepat waktu
seperti yang telah disepakati bersama, paling jelek Anda akan menerima
omelan, pertanyaan saya, apakah Anda tidak memikirkan reputasi dan
kepercayaan yang diberikan ??? Bagaimana seandainya yang memberikan
pekerjaan atasan Anda atau sesorang yang mempunyai otoriti membuat
keputusan tentang karier anda ? Dan Jangan mencari kambing hitam
atau mencari kesalahan orang lain Kalau Anda bangun kesiangan atau
ketinggalan pesawat, atau ketinggalan kereta Api pada saat ingin bepergian.
Orang tua saya selalu menegur kalau Saya tidak
memakai jam tangan, Kamu jangan suka main-main dengan waktu, karena kalau kamu
terlambat satu detik kamu akan mati, Satu menit dimasa depan lebih berharga
dari seribu tahun yang telah lampau, kelalaian sesaat mungkin merugikan
buat selama-lamanya
Kita harus ingat, bahwa waktu tidak pernah berubah
sejak saya lahir sampai sekarang, satu hari 24 jam, 1 jam sama dengan 60 menit,
1 menit adalah 60 detik, jadi tidak ada kamus perkataan saya tidak
mempunyai waktu , Semua orang mempunyai waktu yang sama setiap
harinya yaitu 24 jam, yang menjadi masalah adalah bagaimana memanfaatkan
waktu itu sebaik-baiknya atau dengan perkataan lain bagaimana kita memanajemen
waktu
Orang tersibuk sekalipun dapat memperoleh waktu
ektra dengan mendelegasikan beban kerjanya atau menghadapi mereka yang suka
memboroskan waktu (time bandits) secara bijaksana. Terlalu banyak
diantara kita yang membiarkan kesehatan dan keluarganya menderita karena
perasaan mereka yang selalu kekurangan waktu. Tampaknya mereka tidak pernah
memiliki cukup waktu bagi dirinya sendiri. Keluarga dan urusan bisnislah yang
menghabiskan seluruh waktu mereka.
Pencuri waktu (time bandits) adalah segala sesuatu
yang mencuri waktu yang dimiliki oleh seseorang. Pertemuan-pertemuan yang
tidak perlu dihadiri. Ngobrol yang tak bermanfaat, pemeriksaan yang dapat
dilakukan orang lain dan sebagainya. Untuk hal itu diperlukan keberanian dan
disiplin yang tinggi. Di medan laga keberanian hanyalah bagian kecil
persyaratan yang harus dimiliki seorang tentara, pelaut dan pilot.
Kita semua mempunyai tingkat disiplin dalam
kadar yang berbeda-beda. Kita hendaknya hidup dalam masyarakat kita yang telah
memiliki aturan-aturan sosial sendiri. Disiplin ini dapat dipoles sehingga
menjadi lebih disiplin lagi. Bagi beberapa orang disiplin ini jauh lebih alami
daripada lainnya, tapi dengan berbagai upaya yang diperlukan. Kita semua bisa
memiliki disiplin seperti yang kita inginkan.
Bagian terpenting manajemen waktu adalah bagaimana
mengkontrol penggunaan waktu secara effsien dan effectik serta tepat guna
sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai, karena tantangan paling besar yang
digunakan untuk mencapai tujuan dalam memasukkan waktu yang tepat dan
akhurat.
Dengan menggunakan manajemen waktu akan memberikan
suatu cara pengaruh rate yang tinggi dari produksi dari setiap pekerjaan
mereka atau pekerjaan yang didelegasikan kolega atau sub-ordinate dan
Memberikan keuntungan dari analisa waktu percakapan dan perencanaan bila kita
akan membuat komitmen
Teknik
time manajemen :
1.
Kontrol, Beberapa kegiatan yang dilaksanakan dalam kehidupan kita, kita
tidak mempunyai Kontrol, kadang kala beberapa kita hanya mengkontrol sebagian
saja, lainnya kita control secara menyeluruh
2.
Prime time of day, Banyak karyawan hanya mengerjakan pekerjaan routinitas
tanpa memperhatikan prime time of day, akhirnya akan merasa jenuh dan
pekerjaan menjadi lambat dengan tidak disengaja. Prime time of day,
Ini sangat bagus untuk menangani pekerjaan yang kreatif, dan komplek atau
suatu pekerjaan selama dalam prime time, masalah dapat diselesaikan lebih
cepat, walaupun pada saat pekerjaan sedang menumpuk
3.
Generated by others, seringkali kita tidak dapat mengatur dan mengkotrol waktu sengan
baik misalnya berdapan dengan Tamu, menunggu untuk melihat seseorang, pada saat
rapat atau meeting, krisis (contingency plan), kerusakan peralatan
4.
Komunikasi, berkomunikasi tidak effektif atau adanya Berita yang tidak
jelas
5.
Effektif reading, Bila banyak berita yang dibaca dibutuhkan pengembangan teknik
membaca cepat mungkin sangat berguna
Langkah-langkah TIME Management
1.
Pikirkan apa yang akan dikerjakan dan dihasilkan
Fokuskanlah pada yang sangat
sedikit. Delapan puluh lima persen dari segala yang kita perbuat hanya
berkontribusi terhadap 15% dari hasil-hasil yang Kita Raih. Dan sebaliknya.
Oleh karenanya, garaplah hanya hal-hal yang benar-benar penting, maka Kita akan
lebih cepat sampai dengan lebih sedikit upaya
2.
Tentukan bisnis perorangan, goal karir dan tujuan menggunakan SMART
S
: Specific
M : Measurable
A : Achievable
R : Relaistics
T : Time bound
Ini akan diprioritaskan dan meliputi jangka pendek dan panjang
3.
Rencanakan Task dan aktifitas dibutuhkan untuk menghasilkan goal dan tujuan
serta prioritas
Sediakanlah waktu khusus setiap harinya untuk membuat rencana. Membuat rencana
adalah ibarat latihan. Setiap aktor besar berlatih berulang-ulang sebelum naik
panggung. Janganlah naik panggung tanpa berlatih.
4.
Gunakan Paretos law (prinsip 85/15) jangan sempurna, waktu diperlukan untuk
mendapatkan seperti membuang waktu.
Tuliskanlah
hal-hal yang paling prioritas dalam kontak 15%. Dan hal-hal yang kurang
prioritas dibawahnya, Garaplah yang hanya prioritas.
5.
Analisa waktu yang digunakan sekarang, dan bagaimana apakah ini digunakan akan
lebih effektif
Garaplah hal yang paling Kita takuti dulu. Kegiatan manakah dalam daftar Kita
yang paling Kita takuti? Ketika memulai hari ini? Mulailah hari Kita dengan
kegiatan tersebut. Dengan melatih diri untuk mengharap hal yang paling Kita
takuti dulu, Tanpa sadar Kita desak diri sendiri untuk menggarap tugas-tugss
yng lebih sulit dulu.
6.
Ambil tindakan yang diperlukan
Gunakan waktu menunggu kita
dengan produktif. Kerjakanlah dua hal sekaligus. Dengarkanlah kaset-kaset
sambil berolah raga, berkendaraan atau berdiri dalam antrian. Tanyakanlah
kepada diri sendiri ” Apakah ini penggunaan waktu yang palins produktif
7.
Gunakan kontrol sendiri dan disiplin
Janganlah membiarkan orang-orang melemparkan
monyet-monyet mereka kepada Anda. Terkadang Anda perlu mengatakan tidak
0 Response to "Manajemen Waktu (time Management) - Pemuda Panca Marga, Jakarta Pusat"
Posting Komentar