Manajemen Waktu (time Management) - Pemuda Panca Marga, Jakarta Pusat



 
Bagaimana Perasaaan Anda???  Kalau janji dengan kekasih,  kolega, temen Anda. Mereka tidak menepati janji dengan molor beberapa saat dari waktu yang dijanjikan. Pada saat menunggu Anda akan timbul perasaan dan pikiran negatif, sebel, dongkol, marah,  merasa dikerjain atau dilecehkan, was-was dan sebagainya.
   
Sekarang sebaliknya,  Apa yang akan Anda terima jika tidak dapat menyelesaikan pekerjaan yang diberikan tepat waktu seperti yang telah disepakati bersama, paling jelek Anda akan menerima omelan,  pertanyaan saya, apakah Anda tidak memikirkan reputasi dan kepercayaan yang diberikan ???  Bagaimana seandainya yang memberikan pekerjaan atasan Anda  atau sesorang yang mempunyai otoriti membuat keputusan  tentang karier anda ?  Dan Jangan mencari kambing hitam atau mencari kesalahan orang lain  Kalau Anda bangun kesiangan atau ketinggalan pesawat, atau ketinggalan kereta Api pada saat ingin bepergian.

Orang tua saya selalu menegur kalau Saya tidak memakai jam tangan, Kamu jangan suka main-main dengan waktu, karena kalau kamu terlambat satu detik kamu akan mati, Satu menit dimasa depan lebih berharga dari  seribu tahun yang telah lampau,  kelalaian sesaat mungkin merugikan buat selama-lamanya

Kita harus ingat, bahwa waktu tidak pernah berubah sejak saya lahir sampai sekarang, satu hari 24 jam, 1 jam sama dengan 60 menit, 1 menit adalah 60 detik,  jadi tidak ada kamus perkataan saya tidak mempunyai waktu ,  Semua orang mempunyai waktu yang sama setiap harinya yaitu 24 jam,  yang menjadi masalah adalah bagaimana memanfaatkan waktu itu sebaik-baiknya atau dengan perkataan lain bagaimana kita memanajemen waktu        

Orang tersibuk sekalipun dapat memperoleh waktu ektra dengan mendelegasikan beban kerjanya atau menghadapi mereka yang suka memboroskan waktu (time bandits) secara bijaksana.  Terlalu banyak diantara kita yang membiarkan kesehatan dan keluarganya menderita karena perasaan mereka yang selalu kekurangan waktu. Tampaknya mereka tidak pernah memiliki cukup waktu bagi dirinya sendiri. Keluarga dan urusan bisnislah yang menghabiskan seluruh waktu mereka.

Pencuri waktu (time bandits) adalah segala sesuatu yang mencuri waktu yang dimiliki oleh seseorang.  Pertemuan-pertemuan yang tidak perlu dihadiri. Ngobrol yang tak bermanfaat, pemeriksaan yang dapat dilakukan orang lain dan sebagainya. Untuk hal itu diperlukan keberanian dan disiplin yang tinggi. Di medan laga keberanian hanyalah bagian kecil persyaratan yang harus dimiliki seorang tentara, pelaut dan pilot.

 Kita semua mempunyai tingkat disiplin dalam kadar yang berbeda-beda. Kita hendaknya hidup dalam masyarakat kita yang telah memiliki aturan-aturan sosial sendiri. Disiplin ini dapat dipoles sehingga menjadi lebih disiplin lagi. Bagi beberapa orang disiplin ini jauh lebih alami daripada lainnya, tapi dengan berbagai upaya yang diperlukan. Kita semua bisa memiliki disiplin seperti yang kita inginkan.

Bagian terpenting manajemen waktu adalah bagaimana mengkontrol penggunaan waktu secara effsien dan effectik serta tepat guna sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai, karena tantangan paling besar yang digunakan  untuk mencapai tujuan dalam memasukkan waktu yang tepat dan akhurat.

Dengan menggunakan manajemen waktu akan memberikan suatu cara pengaruh rate yang tinggi dari produksi dari setiap pekerjaan  mereka atau pekerjaan yang didelegasikan kolega atau sub-ordinate dan Memberikan keuntungan dari analisa waktu percakapan dan perencanaan bila kita akan membuat komitmen
           
Teknik time manajemen :
1.         Kontrol,  Beberapa kegiatan yang dilaksanakan dalam kehidupan kita, kita tidak mempunyai Kontrol, kadang kala beberapa kita hanya mengkontrol sebagian saja, lainnya kita control secara menyeluruh
2.         Prime time of day,  Banyak karyawan hanya mengerjakan pekerjaan routinitas tanpa memperhatikan prime time of day, akhirnya akan merasa jenuh dan pekerjaan  menjadi lambat dengan tidak disengaja.  Prime time of day,  Ini sangat bagus untuk menangani pekerjaan yang kreatif, dan komplek atau suatu pekerjaan selama dalam prime time, masalah dapat diselesaikan lebih cepat,  walaupun pada saat pekerjaan sedang menumpuk
3.         Generated by others, seringkali kita tidak dapat mengatur dan mengkotrol waktu sengan baik misalnya berdapan dengan Tamu, menunggu untuk melihat seseorang, pada saat rapat atau meeting,  krisis (contingency plan), kerusakan peralatan
4.         Komunikasi,  berkomunikasi tidak effektif atau adanya Berita yang tidak jelas
5.         Effektif reading, Bila banyak berita yang dibaca dibutuhkan pengembangan teknik membaca cepat mungkin sangat berguna
           
Langkah-langkah TIME Management
1.         Pikirkan apa yang akan dikerjakan dan dihasilkan
Fokuskanlah pada yang sangat sedikit. Delapan puluh lima persen dari segala yang  kita perbuat hanya berkontribusi terhadap 15% dari hasil-hasil yang Kita Raih. Dan sebaliknya. Oleh karenanya, garaplah hanya hal-hal yang benar-benar penting, maka Kita akan lebih cepat sampai dengan lebih sedikit upaya

2.         Tentukan bisnis perorangan, goal karir dan tujuan menggunakan SMART
            S          : Specific
            M         : Measurable
            A         : Achievable
            R          : Relaistics
            T          : Time bound
            Ini akan diprioritaskan dan meliputi jangka pendek dan panjang
3.         Rencanakan Task dan aktifitas dibutuhkan untuk menghasilkan goal dan tujuan serta prioritas
            Sediakanlah waktu khusus setiap harinya untuk membuat rencana. Membuat rencana adalah ibarat latihan. Setiap aktor besar berlatih berulang-ulang sebelum naik panggung. Janganlah naik panggung tanpa berlatih.
4.         Gunakan Paretos law (prinsip 85/15) jangan sempurna, waktu diperlukan untuk mendapatkan seperti membuang waktu.
            Tuliskanlah hal-hal yang paling prioritas dalam kontak 15%. Dan hal-hal yang kurang prioritas dibawahnya, Garaplah yang hanya prioritas.
5.         Analisa waktu yang digunakan sekarang, dan bagaimana apakah ini digunakan akan lebih effektif
            Garaplah hal yang paling Kita takuti dulu. Kegiatan manakah dalam daftar Kita yang paling Kita takuti? Ketika memulai hari ini? Mulailah hari Kita dengan kegiatan tersebut. Dengan melatih diri untuk mengharap hal yang paling Kita takuti dulu, Tanpa sadar Kita desak diri sendiri untuk menggarap tugas-tugss yng lebih sulit dulu.
6.         Ambil tindakan yang diperlukan
Gunakan waktu menunggu kita dengan produktif. Kerjakanlah dua hal sekaligus. Dengarkanlah kaset-kaset sambil berolah raga, berkendaraan atau berdiri dalam antrian. Tanyakanlah kepada diri sendiri ” Apakah  ini penggunaan waktu yang palins produktif
7.         Gunakan kontrol sendiri dan disiplin
Janganlah membiarkan orang-orang melemparkan monyet-monyet mereka kepada Anda. Terkadang Anda perlu mengatakan tidak

0 Response to "Manajemen Waktu (time Management) - Pemuda Panca Marga, Jakarta Pusat"

Posting Komentar