Satu-satunya milik anda yang nyata adalah masa depan.
Anda dapat membuat rencana untuk hari kemudian dengan pengetahuan hari ini tetapi
anda dapat membuang semua hama-hama yang ada pada masa lalu.
Sifat seorang penjual
Bila orang menyebutkan tentang sifat seorang penjual dan teknik-teknik penjualan, kebanyakan dari kita akan secara otomatis membayangkan seorang pramuniaga yang menjual suatu barang atau jasa kepada para pelanggan. Namun sifat-sifat dari seorang penjual memiliki arti yang lebih luas karena menjual pada dasarnya adalah membujuk orang lain untuk menerima ide, usulan, kepemimpinan dan kasih kita. Dalam pengertian itulah kita ini semua adalah pramuniaga.
Dalam jenjang karir kemanajemenan, masalah itu menjadi amat jelas bahwa :
Sejak hari pertama kerja, anda sebenarnya telah menjual diri anda sendiri
kepada majikan anda. Surat
lamaran dan resume adalah alat-alat penjualan pertama yang anda gunakan.
Disusul dengan wawancara, yang merupakan proses penyajian penjualan yang
terpanjang. Barangnya : anda, Pramuniaga : anda, Pembelinya : majikan (atasan).
Dalam proses bekerja, penjualan dimulai lagi. Anda menjual keahlian,
profesionalisme, sopan santun, metode kerja, ketrampilan memimpin dan
sifat-sifat anda yang lain kepada rekan kerja dan atasan / majikan anda.
Siapapun anda dan apapun pekerjaan anda, anda harus
mempelajari teknik-teknik menjual yang baik. Jangan sekali-kali berhenti
menjual dan meningkatkan diri sendiri.
Dengan demikian, pada saat anda melamar pekerjaan, anda telah menjadi
seorang pramuniaga. Anda tidak lagi seorang Insinyur, pengacara, akuntan, ahli
komputer ataupun guru. Yang paling utama, anda adalah seorang pramuniaga yang
menjual diri anda sendiri (Jangan diartikan pelacur) kepada seorang majikan
yang berminat. Anda menjadi komoditi yang dinilai dan diperlakukan seperti
komoditi lainnya dalam pasar : gula, minyak, bijih besi, sari jeruk dan
lain sebagainya.
Namun, dalam bursa tenaga kerja, segala sesuatunya lebih rumit daripada
bursa saham. Maslahnya terletak pada proses pengamatan dan penilaiannya.
Informasi harga saham dan komoditi dapat dilihat disurat kabar dan jurnal. Tetapi bentuk apa yang menjadi label
harga ANDA? Berapa Harga ANDA ? Berapa harga pesaing-pesaing anda? Hanya ada
satu cara untuk menemukan jawabannya : dengan secara teratur mengajukan lamaran
pekerjaan dan memasuki bursa tenaga kerja.
Mitos dan Fabel Dalam kehidupan Perusahaan
-
Jika
anda bekerja keras, anda akan diberi hadiah oleh majikan anda.
-
Pekerjaan
yang dilaksanakan dengan baik akan diketahui oleh orang lain tanpa perlu
dipromosikan.
-
Kesetiaan
terhadap organisasi adalah penting, sebab dengan demikian organisasi akan setia
kepada anda dan akan memberi hadiah atas kesetiaan anda.
-
Anda
dapat mempercayakan karir anda kepada majikan anda.-
-
Mempromosikan diri adalah tidak etis.
Semua itu adalah mitos.
Aturan-aturan untuk kemajuan karir telah berubah. Aturan-aturan yang baru
berlaku disini dan berikut ini diberikan daftar yang lain (saya harap anda
menyukai daftar-daftar dibawah ini) :
-
Kerja keras tidak akan memberikan hadiah. Hanya kerja keras dipadukan dengan promosi diri
sendiri yang agresif dan tegaslah yang mungkin membawa hasil yang diinginkan.
-
Orang cenderung mengabaikan mereka yang mampu melaksanakan tugas dengan
baik Para
Majikan memusatkan perhatian mereka pada orang-orang yang tidak mampu
menjalankan tugas dengan baik dan banyak masalah, sedangkan prestasi baik
dianggap sudah semestinya demikian. Maka anda harus mempromosikan diri anda sendiri pada setiap kesempatan.
-
Kesetiaan
kepada diri anda sendiri, keluarga dan target karir adalah yang pertama dan
terutama.
-
Kesetiaan
yang sungguh-sungguh merupakan hal yang sangat langka diantara para majikan dan
para pegawai.
-
Para atasan anda hanya tertarik pada keuntungan dan pengembalian modal
kepada para pemegang saham. Mereka sama sekali tidak peduli pada karir anda. Kewajiban anda adalah untuk merencanakan, merawat
dan melindungi karir anda.
-
Mempromosikan
diri sendiri adalah salah satu alat yang paling efektif dalam management karir.
Hal itu berupa kampanye promosi, seksi perklanan, hubungan masyarakat
dsb. Digabung menjadi satu..
Langkah praktis apakah yang telah anda lakukan untuk
membuat diri anda dipandang lebih positif baik didalam dan diluar organisasi
0 Response to "Mempromosikan dan memasarkan diri sendiri - Pemuda Panca Marga, Jakarta Pusat"
Posting Komentar