Keluhan
klasik para karyawan di suaru perusahaan adalah kesal karena tiba - tiba
pelanggan ekternal atau pelanggan internal (kolega dikantor) memintanya
untuk mengganti atau memberikan koreksi karena kurang sesuai. Hal ini
acap kali terjadi apabila kita menghadapi tipikal pelanggan yang susah untuk
bekerja sama apalagi pelanggan tersebut rewel dan bawel. Padahal untuk
menyelesaikan pekerjaan tersebut telah dikerjakan cukup lama dan melelahkan.
Tentu
saja hal ini tidak boleh ditanggapi dengan sikap negatif, bagaimanapun juga
pelangganlah yang memberikan pekerjaan bagi Anda dan perusahaan. Mungkin
memang rasanya kesal setengah mati. Bagaimana tidak, Pekerjaam tersebut telah
kita anggap sempurna baik dari sisi isi maupun dukungan perluasaan lainnya .
Untuk menghasilkan kedua hal tersebut tidaklah mudah, kita umumnya butuh waktu
beberapa saat untuk menterjemahkan keinginan pelanggan kemudian
mengimplementasikannya dalam pekerjaan, namun bagaimanapun keluhan klasik
tersebut sebisa mungkin kita hindari.
Tanyakan dan Pahami Keinginan Pelanggan
Ada
baiknya sebelum mulai melaksanakan pekefjaan kita menanyakan gambaran kasar
yang diinginkan pelanggan. Anda bisa memulainya dari melihat memo,
coretan-coretan, kemudian tanyakan konsep pekerjaan apakah yang
pelanggaan Anda inginkan, Pejabaran dari pekerjaan yang akan dikerjakan kalau
ada atau konsep pekerjaan lain barangkali.
Anda
beruntung jika ternyata pelanggan memiliki referensi Pekerjaan didepartement
lainnya. Ini akan memudahkan proses penerjemahan keinginan pelanggan. Dari
referensi eferensi Pekerjaan didepartement lainn tersebut bisa ditanyakan hal
apa yang membuat pelanggan menyukainya, tentu saja dalam konteks
penyelesaianpekerjaan tersebut.
Catatlah
semua hasil diskusi dengan Pelanggan agar Anda tidak lupa. Lebih baik lagi jika
Anda telah membuat formulir standar yang isiannya dapat memudahkan Anda dalam
membuat Penelesaian pekerjaan.
Bagaimanapun Pelanggan adalah Raja
Pepatah ini sangat populer dan filosofinya telah menghantarkan ribuan perusahaan ke puncak sukses karena mampu melayani dan memahami klien dengan baik. Namun perlu diingat bahwa Raja pun butuh seorang penasihat. Berikan advise kepada klien apabila menurut Anda pilihan pekerjaan tidak sesuai dengan konsep, atau mungkin pemilihan perluasaan menyebabkan pekeerjaan tidak sesuai dengan kebutuhan. Posisikan diri sebagai penasihat profesional sehingga perlahan akan tercipta kedekatan emosional. Ini membuat klien lebih mudah dikendalikan.
Ajukan Beberapa Alternatif
Jika Anda sudah dapat memahami benar keinginan klien, buatlah beberapa draft pekerjaan alternatif yang sesuai dengan keinginan klien. Masukkan ide - ide baru di dalamnya secara terpisah sehingga klien tidak terpaku pada preferensinya. Presentasikan dengan baik tentang pekerjaan Anda tersebut. Ini membantu klien memahami dan mendapatkan gambaran yang lebih tepat mengenai pekerjaan yang akan dibuat.
Tetap Dingin menghadapi Perubahan
Tanyakan dan yakinkan apakah Pekerjaan Anda sudah
benar - benar sesuai dengan keinginan klien. Hadapilah permintaan perubahan dengan
bijak. Arahkan agar perubahan yang diinginkan Anda tidak mengacaukan konsep
Pekerjaan yang telah dibuat. Adaptasikan keinginan klien Anda ke dalam
perencanaan pekerjaan Anda dengan baik sehingga perubahan tersebut dapat
menambah nilai dari Pekerjaan yang dibuat.
Tepat Waktu
Hal ini menjadi cerminan profesionalitas dan team works Anda. Jangan pernah berpikir bahwa klien membutuhkan Anda, namun Andalah yang membutuhkan klien. Namun perlu diingat bahwa klien juga harus kita jaga ketepatan waktunya. Kemunduran waktu akibat keterlambatan penyerahan Pekerjaan seringkali membuat kita kesal. Kelola waktu yang ada di dalam kerja Anda dengan cermat.
Berikan Garansi
Kelonggaran Anda dalam memberikan batasan waktu tertentu agar klien dapat mengadakan perubahan minor setelah polis di publish akan sangat dihargai. Namun tentu saja jangka waktu tersebut harus di batasi dengan tepat.
Percayalah bahwa konsep marketing without marketing cukup
ampuh. Jika klien puas dengan
pekerjaan Anda kali ini, dia akan mereferensikan Anda kepada orang yang lain.
Dengan demikian klien dapat memberikan kontribusi market karena profesionalitas
Anda sudah tidak diragukan lagi
0 Response to "Menghadapi Customer (pelanggan) dengan cerdas - Pemuda Panca Marga, Jakarta Pusat"
Posting Komentar