Keahlihan berkomunikasi



Cara agar TIDAK menjadi pendengar yang baik :
·         Jangan sekali-kali mendengarkan orang lain untuk waktu yang lama.
·         Potonglah pembicaraan orang tanpa menunggu ia menyelesaikannya.
·         Gunakan setiap kesempatan untuk ikut berbicara dan menyampaikan pandangan anda.
·         Jangan membuat ikhtisar dari pokok-pokok utama.
·         Gunakan selang waktu selama pembicaraan untuk memikirkan hal-hal atau masalah-masalah lain yang tidak ada hubungannya dengan pembicaraan tersebut.
·         Jangan pusatkan pikiran pada apa yang sedang dibicarakan. Mimpilah di siang hari bolong. Biarkanlah pikiran anda mengembara kemana-mana.
·         Carilah kesalahan, kelalaian dan kekurangan-kekurangan.
·         Serang orangnya, bukan masalahnya.
·         Jangan berusaha memahami sudut pandang orang lain.
·         Jangan pedulikan ide-ide utama.
·         Tunggu detil-detilnya, lebih disukai yang tidak penting, yang dapat dipergunakan sebagai titik awal tanggapan anda.
·         Buatlah penilaian yang cepat dan bergantunglah pada kesan anda terhadap pembicara.


 Cara membuat orang mendengarkan apa yang anda katakan
Ini adalah resep yang sangat penting. Unsur-unsurnya sederhana :

·         Pertama dan terutama, dapatkan perhatian mereka, Bangunkan mereka dari tidur, alihkan perhatian mereka dari apapun yang sedang mereka kerjakan. Pukul diantara kedua mata mereka (tentu saja, tidak harafiah). Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan perhatian ialah memulainya dengan pertanyaan secara langsung.
·         Berbicaralah secara alamiah dan santai. Tidak terlalu perlahan, tidak terlalu cepat. Ubah-ubahlah nada suara anda agar sesuai dengan apa yang anda bicarakan. Jagalah agar pendengar anda tertarik.
·         Kenalilah penonton /pendengar anda. Sesuaikan kosa-kata, gaya, mimik dan contoh-contoh yang anda berikan dengan profil para pendengar pesan anda. Tanyakan 2 pertanyaan pada diri anda sendiri :
  1. Apakah yang pendengar harapkan dari pembicaraan saya ?
  2. Alasan apakah yang pendengar miliki sehingga mereka mendengar pembicaraan anda ?
·         Berbicaralah selalu dari sudut pandang minat orang lain. Bicarakan keuntungan-keuntungan. Lupakan apa yang anda perlukan atau inginkan. Mereka mau mendengarkan tentang hal-hal yang mereka perlukan atau inginkan.
·         Gunakan kutipan. Agar tidak monoton masukkan beberapa nama yang terdengar berpengaruh.
·         Gunakan analogi, perumpamaan dan lelucon. Ketiganya adalah unsur yang harus ada untuk menyegarkan pidato anda, membuat pidato anda lebih menyenangkan dan menarik perhatian para pendengar anda.
·         Jangan sekali-kali membaca dari teks. Orang-orang tidak akan percaya pada pembicara yang membaca dari kertas. Berbicaralah dari hati anda. Meskipun perlu waktu berhari-hari untuk menghafalkan pidato anda, lakukan itu. Bobot hasilnya akan melebihi usaha-usaha anda.
·         Peliharalah kontak mata dengan para pendengar. Tidak ada sesuatupun yang lebih jelek daripada pembicara yang tidak melihat kearah para pendengarnya. Cara termudah untuk memelihara kontak mata ialah: pilih seseorang yang tampaknya tertarik dan untuk beberapa detik berbicaralah kepada orang itu saja. Lalu pindah ke orang ;ain, dan seterusnya.
·         Ceritakan cerita-cerita pendek dan anekdot.  Cara ini akan membantu anda dalam menggambarkan pokok pembicaraan yang sedang anda tekankan dan menghiasi cerita utama anda.
·         Miliki sesuatu untuk menarik perhatian para pendengar anda. Surat, foto, proyektor ada gunanya juga. Gunakan video atau tape. Sarana tersebut dapat membuat penyajian anda lebih jelas dan beraneka-ragam dan membuat para pendengar ingin melihat, sambil memberi anda waktu dan kesempatan untuk melihat kembali kemajuan anda dan mempersiapkan bagian selanjutnya dari pidato anda.

 Laporan, memo, nota

Dalam proses menutupi muka yang digunakan oleh para pejuang gerilya yang berpengalam, semua prosedure dan tindakan dicatat dan disimpan atau dibagikan kepada pihak-pihak yang berminat.
Orang tidak mempunyai waktu untuk berlusin-lusin diskusi secara tatap muka setiap hari. Memo dan nota memberikan kegunaan yang sama dan dapat dibagikan kepada banyak orang dengan cepat dan mudah. Peralatan pemroses kata membuat tugas untuk menulis memo dan nota menjadi jauh lebih mudah dan cepat, perubahan-perubahan dapat dilakukan dalam tempo beberapa menit saja. Inilah resep untuk sebuah memo ata nota yang baik :
·         Gunakan kata-kata yang singkat, Kalimat singkat dan paragraf singkat. Jagalah pesan anda agar jelas, padat dan langsung ketujuan, jagalah memo anda sesingkat mungkin.
·         Mulailah dengan suatu kesimpulan, suatu saran atau suatu ikhtisar.

·         Tangkap perhatian pembaca anda dan jangan melepaskan.
·         Hindari humor, lelucon, istilah khusus, klise dan pelanturan. Gunakan gaya bahasa yang sederhana. Hindari kata yang rumit. Lakukan sermuanya untuk mengungkapkan diri anda, bukan untuk memberikan kesan kepada pembaca.
·         Tulislah tentang sauatu masalah saja. Masalah sampingan cenderung dilupakan atau membelokkan perhatian penerima dari tema utama.
·         Lakukan segalanya yang perlu agar anda tampak punya informasi lengkap, cerdas, banyak akal dan berorientasi pada tindakan. Memo anda adalah tangan-tangan anda. Jangan merusak reputasi anda dengan membuat memo-memo kelas dua.

0 Response to "Keahlihan berkomunikasi"

Posting Komentar