Cara agar TIDAK menjadi pendengar yang baik :
·
Jangan sekali-kali mendengarkan
orang lain untuk waktu yang lama.
·
Potonglah pembicaraan orang
tanpa menunggu ia menyelesaikannya.
·
Gunakan setiap kesempatan untuk
ikut berbicara dan menyampaikan pandangan anda.
·
Jangan membuat ikhtisar dari
pokok-pokok utama.
·
Gunakan selang waktu selama
pembicaraan untuk memikirkan hal-hal atau masalah-masalah lain yang tidak ada
hubungannya dengan pembicaraan tersebut.
·
Jangan pusatkan pikiran pada
apa yang sedang dibicarakan. Mimpilah di siang hari bolong. Biarkanlah pikiran
anda mengembara kemana-mana.
·
Carilah kesalahan, kelalaian
dan kekurangan-kekurangan.
·
Serang orangnya, bukan
masalahnya.
·
Jangan berusaha memahami sudut
pandang orang lain.
·
Jangan pedulikan ide-ide utama.
·
Tunggu detil-detilnya, lebih
disukai yang tidak penting, yang dapat dipergunakan sebagai titik awal
tanggapan anda.
·
Buatlah penilaian yang cepat
dan bergantunglah pada kesan anda terhadap pembicara.
Cara
membuat orang mendengarkan apa yang anda katakan
Ini adalah resep
yang sangat penting. Unsur-unsurnya sederhana :
·
Pertama dan terutama, dapatkan perhatian mereka, Bangunkan mereka dari tidur, alihkan perhatian mereka dari apapun
yang sedang mereka kerjakan. Pukul diantara kedua mata mereka (tentu saja,
tidak harafiah). Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan perhatian ialah
memulainya dengan pertanyaan secara langsung.
·
Berbicaralah secara alamiah dan santai.
Tidak terlalu perlahan, tidak terlalu cepat. Ubah-ubahlah nada suara anda agar
sesuai dengan apa yang anda bicarakan. Jagalah agar pendengar anda tertarik.
·
Kenalilah penonton /pendengar anda.
Sesuaikan kosa-kata, gaya, mimik dan contoh-contoh yang anda berikan dengan
profil para pendengar pesan anda. Tanyakan 2 pertanyaan pada diri anda sendiri
:
- Apakah yang pendengar harapkan dari pembicaraan saya ?
- Alasan apakah yang pendengar miliki sehingga mereka mendengar pembicaraan anda ?
·
Berbicaralah selalu dari sudut pandang minat orang lain. Bicarakan keuntungan-keuntungan. Lupakan apa yang anda perlukan atau
inginkan. Mereka mau mendengarkan tentang hal-hal yang mereka perlukan atau
inginkan.
·
Gunakan kutipan. Agar tidak monoton
masukkan beberapa nama yang terdengar berpengaruh.
·
Gunakan analogi, perumpamaan dan lelucon. Ketiganya adalah unsur yang harus ada untuk menyegarkan pidato
anda, membuat pidato anda lebih menyenangkan dan menarik perhatian para
pendengar anda.
·
Jangan sekali-kali membaca dari teks.
Orang-orang tidak akan percaya pada pembicara yang membaca dari kertas.
Berbicaralah dari hati anda. Meskipun perlu waktu berhari-hari untuk
menghafalkan pidato anda, lakukan itu. Bobot hasilnya akan melebihi usaha-usaha
anda.
·
Peliharalah kontak mata dengan para pendengar. Tidak ada sesuatupun yang lebih jelek daripada pembicara yang tidak
melihat kearah para pendengarnya. Cara termudah untuk memelihara kontak mata
ialah: pilih seseorang yang tampaknya tertarik dan untuk beberapa detik
berbicaralah kepada orang itu saja. Lalu pindah ke orang ;ain, dan seterusnya.
·
Ceritakan cerita-cerita pendek dan anekdot. Cara ini akan membantu anda
dalam menggambarkan pokok pembicaraan yang sedang anda tekankan dan menghiasi
cerita utama anda.
·
Miliki sesuatu untuk menarik perhatian para pendengar anda. Surat, foto, proyektor ada gunanya juga. Gunakan video atau tape.
Sarana tersebut dapat membuat penyajian anda lebih jelas dan beraneka-ragam dan
membuat para pendengar ingin melihat, sambil memberi anda waktu dan kesempatan
untuk melihat kembali kemajuan anda dan mempersiapkan bagian selanjutnya dari
pidato anda.
Laporan, memo, nota
Dalam proses
menutupi muka yang digunakan oleh para pejuang gerilya yang berpengalam, semua
prosedure dan tindakan dicatat dan disimpan atau dibagikan kepada pihak-pihak
yang berminat.
Orang tidak
mempunyai waktu untuk berlusin-lusin diskusi secara tatap muka setiap hari.
Memo dan nota memberikan kegunaan yang sama dan dapat dibagikan kepada banyak
orang dengan cepat dan mudah. Peralatan pemroses kata membuat tugas untuk
menulis memo dan nota menjadi jauh lebih mudah dan cepat, perubahan-perubahan
dapat dilakukan dalam tempo beberapa menit saja. Inilah resep untuk sebuah memo
ata nota yang baik :
·
Gunakan kata-kata yang singkat,
Kalimat singkat dan paragraf singkat. Jagalah pesan anda agar jelas, padat dan
langsung ketujuan, jagalah memo anda sesingkat mungkin.
·
Mulailah dengan suatu
kesimpulan, suatu saran atau suatu ikhtisar.
·
Tangkap perhatian pembaca anda
dan jangan melepaskan.
·
Hindari humor, lelucon, istilah
khusus, klise dan pelanturan. Gunakan gaya bahasa yang sederhana. Hindari kata
yang rumit. Lakukan sermuanya untuk mengungkapkan diri anda, bukan untuk
memberikan kesan kepada pembaca.
·
Tulislah tentang sauatu masalah
saja. Masalah sampingan cenderung dilupakan atau membelokkan perhatian penerima
dari tema utama.
·
Lakukan segalanya yang perlu
agar anda tampak punya informasi lengkap, cerdas, banyak akal dan berorientasi
pada tindakan. Memo anda adalah tangan-tangan anda. Jangan merusak reputasi
anda dengan membuat memo-memo kelas dua.
0 Response to "Keahlihan berkomunikasi"
Posting Komentar