Mempromosikan dan memasarkan diri sendiri

Satu-satunya milik anda yang nyata adalah masa depan. Anda dapat membuat rencana untuk hari kemudian dengan pengetahuan hari ini tetapi anda dapat membuang semua hama-hama yang ada pada masa lalu.

Sifat seorang penjual

Bila orang menyebutkan tentang sifat seorang penjual dan teknik-teknik penjualan, kebanyakan dari kita akan secara otomatis membayangkan seorang pramuniaga yang menjual suatu barang atau jasa kepada para pelanggan. Namun sifat-sifat dari seorang penjual memiliki arti yang lebih luas karena menjual pada dasarnya adalah membujuk orang lain untuk menerima ide, usulan, kepemimpinan dan kasih kita. Dalam pengertian itulah kita ini semua adalah pramuniaga.

Dalam jenjang karir kemanajemenan, masalah itu menjadi amat jelas bahwa : Sejak hari pertama, anda sebenarnya telah menjual diri anda sendiri kepada majikan anda. Surat lamaran dan resume adalah alat-alat penjualan pertama yang anda gunakan. Disusul dengan wawancara, yang merupakan proses penyajian penjualan yang terpanjang. Barangnya : anda, Pramuniaga : anda, Pembelinya : majikan (atasan).



Dalam proses bekerja, penjualan dimulai lagi. Anda menjual keahlian, profesionalisme, sopan santun, metode kerja, ketrampilan memimpin dan sifat-sifat anda yang lain kepada rekan kerja dan atasan / majikan  anda.

Siapapun anda dan apapun pekerjaan anda, anda harus mempelajari teknik-teknik menjual yang baik. Jangan sekali-kali berhenti menjual dan meningkatkan diri sendiri.

Dengan demikian, pada saat anda melamar pekerjaan, anda telah menjadi seorang pramuniaga. Anda tidak lagi seorang Insinyur, pengacara, akuntan, ahli komputer ataupun guru. Yang paling utama, anda adalah seorang pramuniaga yang menjual diri anda sendiri (Jangan diartikan pelacur) kepada seoarang majikan yang berminat. Anda menjadi komoditi yang dinilai dan diperlakukan seperti komoditi  lainnya dalam pasar : gula, minyak, bijih besi, sari jeruk dan lain sebagainya.

Namun, dalam bursa tenaga kerja, segala sesuatunya lebih rumit daripada bursa saham. Maslahnya terletak pada proses pengamatan dan penilaiannya. Informasi harga saham dan komoditi dapat dilihat disurat kabar dan jurnal. Tetapi bentuk apa yang menjadi label harga ANDA? Berapa Harga ANDA ? Berapa harga pesaing-pesaing anda? Hanya ada satu cara untuk menemukan jawabannya : dengan secara teratur mengajukan kamaran pekerjaan dan memasuki bursa tenaga kerja.

Mitos dan Fabel Dalam kehidupan Perusahaan


·         Jika anda bekerja keras, anda akan diberi hadiah oleh majikan anda.
·         Pekerjaan yang dilaksanakan dengan baik akan diketahui oleh orang lain tanpa perlu dipromosikan.
·         Kesetiaan terhadap organisasi adalah penting, sebab dengan demikian organisasi akan setia kepada anda dan akan memberi hadiah atas kesetiaan anda.
·         Anda dapat mempercayakan karir anda kepada majikan anda.
·         Mempromosikan diri adalah tidak etis.

Semua itu adalah mitos. Aturan-aturan untuk kemajuan karir telah berubah. Aturan-aturan yang baru berlaku disini dan berikut ini diberikan daftar yang lain (saya harap anda menyukai daftar-daftar dibawah ini) :

·         Kerja keras tidak akan memberikan hadiah. Hanya kerja keras dipadukan dengan promosi diri sendiri yang agresif dan tegaslah yang mungkin membawa hasil yang diinginkan.
·         Orang cenderung mengabaikan mereka yang mampu melaksanakan tugas dengan baik  Para Majikan memusatkan perhatian mereka pada orang-orang yang tidak mampu menjalankan tugas dengan baik dan banyak masalah, sedangkan prestasi baik dianggap sudah semestinya demikian. Maka anda harus mempromosikan diri anda sendiri pada setiap kesempatan.
·         Kesetiaan kepada diri anda sendiri, keluarga dan target karir adalah yang pertama dan terutama.
·         Kesetiaan yang sungguh-sungguh merupakan hal yang sangat langka diantara para majikan dan para pegawai.
·         Para atasan anda hanya tertarik pada keuntungan dan pengembalian modal kepada para pemegang saham. Mereka sama sekali tidak peduli pada karir anda. Kewajiban anda adalah untuk merencanakan, merawat dan melindungi karir anda.
·         Mempromosikan diri sendiri adalah salah satu alat yang paling efektif dalam management karir. Hal itu berupa kampanye promosi, seksi perklanan, hubungan masyarakat dsb. Digabung menjadi satu..




Langkah praktis apakah yang telah anda lakukan untuk membuat diri anda dipandang lebih positif baik didalam dan diluar organisasi

0 Response to "Mempromosikan dan memasarkan diri sendiri"

Posting Komentar