Satu-satunya milik anda
yang nyata adalah masa depan. Anda dapat membuat rencana untuk hari kemudian
dengan pengetahuan hari ini tetapi anda dapat membuang semua hama-hama yang ada
pada masa lalu.
Sifat seorang penjual
Bila
orang menyebutkan tentang sifat seorang penjual dan teknik-teknik penjualan,
kebanyakan dari kita akan secara otomatis membayangkan seorang pramuniaga yang
menjual suatu barang atau jasa kepada para pelanggan. Namun sifat-sifat dari
seorang penjual memiliki arti yang lebih luas karena menjual pada dasarnya
adalah membujuk orang lain untuk menerima ide, usulan, kepemimpinan dan kasih
kita. Dalam pengertian itulah kita ini semua adalah pramuniaga.
Dalam jenjang
karir kemanajemenan, masalah itu menjadi amat jelas bahwa : Sejak hari pertama,
anda sebenarnya telah menjual diri anda sendiri kepada majikan anda. Surat
lamaran dan resume adalah alat-alat penjualan pertama yang anda gunakan.
Disusul dengan wawancara, yang merupakan proses penyajian penjualan yang
terpanjang. Barangnya : anda, Pramuniaga : anda, Pembelinya : majikan (atasan).
Dalam proses
bekerja, penjualan dimulai lagi. Anda menjual keahlian, profesionalisme, sopan
santun, metode kerja, ketrampilan memimpin dan sifat-sifat anda yang lain
kepada rekan kerja dan atasan / majikan
anda.
Siapapun anda
dan apapun pekerjaan anda, anda harus mempelajari teknik-teknik menjual yang
baik. Jangan sekali-kali berhenti menjual dan meningkatkan diri sendiri.
Dengan demikian,
pada saat anda melamar pekerjaan, anda telah menjadi seorang pramuniaga. Anda
tidak lagi seorang Insinyur, pengacara, akuntan, ahli komputer ataupun guru.
Yang paling utama, anda adalah seorang pramuniaga yang menjual diri anda
sendiri (Jangan diartikan pelacur) kepada seoarang majikan yang berminat. Anda
menjadi komoditi yang dinilai dan diperlakukan seperti komoditi lainnya dalam pasar : gula, minyak, bijih
besi, sari jeruk dan lain sebagainya.
Namun, dalam
bursa tenaga kerja, segala sesuatunya lebih rumit daripada bursa saham.
Maslahnya terletak pada proses pengamatan dan penilaiannya. Informasi harga
saham dan komoditi dapat dilihat disurat kabar dan jurnal. Tetapi bentuk apa
yang menjadi label harga ANDA? Berapa Harga ANDA ? Berapa harga pesaing-pesaing
anda? Hanya ada satu cara untuk menemukan jawabannya : dengan secara teratur
mengajukan kamaran pekerjaan dan memasuki bursa tenaga kerja.
Mitos dan Fabel Dalam kehidupan Perusahaan
·
Jika anda bekerja keras, anda
akan diberi hadiah oleh majikan anda.
·
Pekerjaan yang dilaksanakan
dengan baik akan diketahui oleh orang lain tanpa perlu dipromosikan.
·
Kesetiaan terhadap organisasi
adalah penting, sebab dengan demikian organisasi akan setia kepada anda dan
akan memberi hadiah atas kesetiaan anda.
·
Anda dapat mempercayakan karir
anda kepada majikan anda.
·
Mempromosikan diri adalah tidak
etis.
Semua itu adalah
mitos. Aturan-aturan untuk kemajuan karir telah berubah. Aturan-aturan yang
baru berlaku disini dan berikut ini diberikan daftar yang lain (saya harap anda
menyukai daftar-daftar dibawah ini) :
·
Kerja keras tidak akan
memberikan hadiah. Hanya kerja keras dipadukan
dengan promosi diri sendiri yang agresif dan tegaslah yang mungkin membawa
hasil yang diinginkan.
·
Orang cenderung mengabaikan
mereka yang mampu melaksanakan tugas dengan baik Para Majikan memusatkan
perhatian mereka pada orang-orang yang tidak mampu menjalankan tugas dengan
baik dan banyak masalah, sedangkan prestasi baik dianggap sudah semestinya
demikian. Maka anda harus mempromosikan diri anda sendiri pada setiap
kesempatan.
·
Kesetiaan kepada diri anda
sendiri, keluarga dan target karir adalah yang pertama dan terutama.
·
Kesetiaan yang sungguh-sungguh
merupakan hal yang sangat langka diantara para majikan dan para pegawai.
·
Para atasan anda hanya
tertarik pada keuntungan dan pengembalian modal kepada para pemegang saham. Mereka sama sekali tidak peduli pada karir anda. Kewajiban anda
adalah untuk merencanakan, merawat dan melindungi karir anda.
·
Mempromosikan diri sendiri
adalah salah satu alat yang paling efektif dalam management karir. Hal itu berupa kampanye promosi, seksi perklanan, hubungan
masyarakat dsb. Digabung menjadi satu..
Langkah praktis
apakah yang telah anda lakukan untuk membuat diri anda dipandang lebih positif
baik didalam dan diluar organisasi
0 Response to "Mempromosikan dan memasarkan diri sendiri"
Posting Komentar